.post img:hover { -o-transition: all 0.3s; -moz-transition: all 0.3s; -webkit-transition: all 0.3s; -moz-transform: scale(1.5); -o-transform: scale(1.5); -webkit-transform: scale(1.5); }

Senin, 25 November 2013

Komputer Tercepat Di Dunia ( TITAN )




Jakarta, Infobreakingnews - Para ilmuwan di Laboratorium Nasional Oak Ridge (ORNL) di Negara Bagian Tennessee, Amerika Serikat, belum lama ini meluncurkan Titan, komputer super yang bisa jadi merupakan yang tercepat di dunia. Seperti apakah super komputer tercepat dan terhebat di dunia? Apakah itu Titan, super komputer anyar di Oak Ridge National Labs, di bawah naungan departemen Energi Amerika Serikat? Mari kita tengok seperti apa super komputer ini. Dan mengapa disebut sebagai super. Berlokasi di Tennessee, supercomputer Titan adalah sebuah mesin Cray yang terdiri atas 19.000 unit pemroses yang bekerja bersamaan dengan 710 terabytes memori. Mesin Cray CK7 terdiri atas 18.688 noda yang masing-masing didukung oleh prosesor AMD Opteron 6274 16 core, dan  akselerator graphics processing unit (GPU) NVIDIA Tesla K20.

    Titan mampu menjalankan 20 ribu triliun kalkulasi per detik, atau 20 petaflop. Dengan kemampuan seperti itu, Titan dapat dikatakan sebagai super komputer terhebat di dunia, untuk saat ini setidaknya. Super komputer nomor dua terhebat adalah Sequoia, yang berbasis sistem IBM, berlokasi di Lawrence Livermore National Labs. Kemampuannya mencapai 16 petaflop.
    Data lengkap mengenai super komputer mana yang paling hebat, dengan kriteria kapasitas dan kemampuan paling cepat mengerjakan sesuatu, belum bisa diketahui sekarang. Baru sekitar 11 November mendatang informasi tersebut dapat disibak, pada ajang konferensi super komputer di Salt Lake City.
    Secara teknis, Titan adalah mesin yang menarik. Komputer ini merupakan bagian dari tren baru dalam penggunaan chips pemroses grafis yang terlibat dalam proses kalkulasi. “Tidak mudah bagi Titan untuk bisa memenangkan kompetisi rating super komputer,” komentar Horst Simon, Deputy Director Lawrence Berkeley National Laboratory, yang juga menyusun list Top 500 super komputer. “Akan ada kompetisi yang sangat menantang, dan saya ingin tahu apakah Titan bisa menyamai Sequoia.”
    Kemampuan Titan ini diklaim 100 kali lebih baik dari Jaguar, super komputer milik Oak Ridge National Lab sebelumnya. Sama dengan Titan, Jaguar juga menggunakan sistem Cray, dan sempat menjadi super komputer terbaik pada tiga tahun silam.
    Titan merupakan hasil terakhir dalam kompetisi untuk menghasilkan komputer super tercepat di dunia. Ia diharapkan merebut posisi pertama pada daftar 500 komputer super teratas dari tangan Sequoia, yang mengklaim gelar tersebut Juni lalu. Tiongkok dan Jepang masing-masing memproduksi komputer-komputer yang ada pada posisi lima besar dalam daftar tersebut. Titan sebenarnya merupakan pembaruan dari komputer super terbaik dunia keluaran ORNL sebelumnya, Jaguar. Menurut Bland, unit baru ini hampir sama ukurannya dengan Jaguar, namun 10 kali lebih dahsyat. Komponennya mengisi ruangan seluas lapangan basket dengan tinggi 2,5 meter."Seharga US$ 100 juta, Titan diharapkan dapat membantu para peneliti di banyak bidang," ujar pihak ORNL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar