.post img:hover { -o-transition: all 0.3s; -moz-transition: all 0.3s; -webkit-transition: all 0.3s; -moz-transform: scale(1.5); -o-transform: scale(1.5); -webkit-transform: scale(1.5); }

Rabu, 27 November 2013

Cara Mencangkok Tanaman yang Baik dan Benar





v  
 pengertian mencangkok

Mencangkok merupakan salah satu cara pembiakan vegetatif buatan yang bertujuan untuk memperbanyak tanaman yang memiliki sifat yang sama dengan induknya dan cepat menghasilkan. Selain itu, pohonnya juga tidak terlalu tinggi.
Mencangkok dilakukan dengan cara menguliti hingga bersih dan menghilangkankambium pada cabang atau ranting sepanjang 5-10 cm pada tanaman dikotil untuk kemudian dipindahkan ke dalam wadah lain saat akar  telah tumbuh.
1.      tujuan mencangkok :
1. untuk mendapatkan tanaman baru yang mempunyai sifat-sifat sama dengan induknya misalnya rasa buah besar ketahanan terhadap hama penyakit dan lain2.
prinsip
2. mencangkok untuk melakukan cangkokan inin kita gunakan apiabila tanaman tersebut tidak dapat diperbanyak dengan cara pembiakan tanaman lainnya:
minsalnya :dengan stek,prinsip ini juga dilakukan dengan menyahat sekililing dahan atau ranting dengan menggunakan pisau


Bahan:

·       Tanaman murbey (Morus nigra)
·       Serabut kelapa
·       Pupuk kompos
·       Pupuk kandang
·       Tanah
  
Alat:

·       Tali raffia
·       Plastik
·       Pisau tajam
·      Timba

Langkah-langkah:
1. Pilih dahan tanaman yang bergaris tengah kira-kira 2 cm. Panjang dahan               
    kira-kira 100 cm
dan dahan tumbuh tegak. 
2. Sayatlah kulit cabang secara melingkar sepanjang 3-5 cm. Kulit cabang yang     disayat sebaiknya berada tepat di bawah kuncup daun. 
3. Keratlah kulit dahan itu dengan ujung pisau. Kikislah kambium yang mungkin     masih melekat pada bagian kayu, buang lendir yang membasahinya. 

4. Keringkan bagian dahan yang telah dikupas dengan membiarkannya selama     2-5 hari. 
5. Bungkuslah dahan yang telah terkelupas dengan plastik, ijuk, atau sabut.     Ikatlah bagian bawah lembaran pembungkus kira-kira 6 cm di bawah     sayatan. 
6. Masukkan tanah basah yang telah dicampur pupuk kandang ke dalam     pembungkus itu. 
7. Rapikan sehingga dahan yang terkelupas itu tertutup tanah seluruhnya.     Ikatlah bagian atas lembaran pembungkus. 
 

8. Jagalah tanah pada bagaian yang dicangkok agar tetap lembap. Siramlah     tanah secara teratur (pagi & sore), terutama jika tidak hujan. Untuk menyiram     tanah itu, bukalah ikatan atas sementara.
9. Amatilah keadaan dahan yang
dicangkok saat anda menyiramnya. 
10. Pertumbuhan akar yang sempurna membutuhkan waktu berbulan-bulan.     Jika akar tumbuh sempurna, potonglah dahan tesebut dengan gergaji tepat di     bawah pembungkus cangkokan. 
11. Jangan langsung menanam cangkokan ini di kebun(tanah terbuka).    Cangkokan itu lebih baik disemaikan dahulu. Untuk itu, isilah polybag dengan
   campuran tanah gembur dan pupuk kandang. Buatlah lubang pada bagian  
   bawah polybag,
kira-kira berdiameter 2 cm. 


 12. Tanamlah cangkokan di wadah persemaian (polybag) ini. Letakkan di    tempat yang agak teduh. Waktu yang dibutuhkan untuk penyemaian kira-kira 
   3
bulan. 
13. Setelah itu semaian dapat dipindahkan ke tempat yang lebih banyak    mendapat cahaya matahari. 
14. Akhirnya hasil semaian (cangkokan) dapat ditanam di tanah terbuka. Untuk    itu, buatlah lubang sebesar ukuran semaian polybag. Tanamlah cangkokan    bersama dengan tanah semaiannya. 

 15. Siramlah tanaman baru ini setiap hari.
v    Kesimpulan
           Adapun kesimpulan yang diperoleh dari praktikum ini yaitu :
·       Mencangkok adalah suatu teknik perbanyakan tanaman dengan cara merangsang timbulnya perakaran pada cabang pohon sehingga dapat ditanam sebagai tanaman baru mencangkok merupakan salah satu upaya pembiakan tanaman.
·       Penutup yang digunakan dalam pencangkokkan ini juga berpengaruh pada tumbuhnya akar pada cangkokkan. Penutup yang berasal dari serabut lebih efektif daripada penutup dari plastik karena serabut lebih mudah menahan air yang disiramkan pada cangkokkan sehingga mudah merangsang akar untuk tumbuh.
·       Perlakuan dengan mengurangi daun berpengaruh terhadap keberhasilan tanaman karena jika daun tidak dikurangi maka penguapan tanaman akan tinggi dan kemungkinan untuk mendapat hasil yang optimal sangatlah rendah.
·       Pertumbuhan akar cangkokan dapat secara maksimum apabila kondisi media pembalut, bahan pembungkus sesuai dan mendukung untuk melakukan pertumbuhan.

v   Saran
            Dalam praktikum ini hendaknya lebih mempersiapkan tanaman yang benar – benar memenuhi criteria tanaman untuk dapat dicangkok. Disamping itu dalam proses pencangkokan harus lebih rajin dalam penjagaan kelembapan media cangkok agar mendapatkan hasil cangkokan yang optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar