.post img:hover { -o-transition: all 0.3s; -moz-transition: all 0.3s; -webkit-transition: all 0.3s; -moz-transform: scale(1.5); -o-transform: scale(1.5); -webkit-transform: scale(1.5); }

Sabtu, 15 Maret 2014

DAMPAK DARI PENCEMARAN AIR


Air merupakan sumber kehidupan di muka bumi, kita semua bergantung pada air. Manusia memerlukan air untuk aktivitas dalam kehidupan sehari-hari, terutama air bersih. Air bersih sangat penting karena berhubungan langsung dengan proses metabolisme di dalam tubuh manusia. Namun, pada masa sekarang ini semakin sulit untuk mendapatkan air bersih. Pencemaran air terjadi diberbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Air menjadi masalah yang perlu mendapat perhatian khusus. Bahkan saat ini air menjadi barang yang mahal karena air sudah banyak tercemar. Padahal dalam kehidupan sehari-hari makhluk hidup membutuhkan air yang bersih dan sehat. Terutama manusia yang dapat membedakan kualitas air yang akan diminum, tentu akan sangat terganggu dengan pencemaran air tersebut. Adapun ciri-ciri air bersih dan sehat adalah tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa dan bersifat netral secara kimia dalam arti tidak bersifat basa atau asam.

Terjadinya pencemaran air tidak lepas dari ulah tangan manusia. Ini dikarenakan kecerobohan manusia yang ingin mengambil jalan pintas tanpa berfikir dampak yang dihasilkan dari perbuatannya. Contoh paling sederhana adalah membuang sampah tidak pada tempatnya, pada saluran air atau drainase, air menjadi kotor dan tercemar. Kegiatan yang dianggap sepele oleh manusia namun berdampak besar bagi keselarasan lingkungan hidup sekitar. Limbah Dapur Umum mengandung limbah domestik berupa sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik adalah sampah yang dapat diuraikan atau dibusukkan oleh bakteri seperti sisa sayuran, buah-buahan, dan daun-daunan. Sedangkan sampah anorganik seperti kertas, plastik, gelas atau kaca, kain, logam, dan karet. Sampah anorganik ini tidak dapat diuraikan oleh bakteri.
Akibat dari Pencemaran Air. Mulai dari hal ringan sampai akibat yang serius bisa terjadi karena pencemaran air. pH Tubuh manusia adalah 7, Banyak ahli Kesehatan mengatakan bahwa tubuh yang ber Alkali dapat mencegah berbagai macam penyakit degeneratif, termasuk sel-sel kanker, yang dapat terbentuk dengan mudah dalam Tubuh yang bersifat Asam. pH adalah satu metode untuk mengukur kandungan asam / basa(alkali) nilai zat tertentu, Nilai pada angka 7 adalah netral. Sebab salah satu fungsi air adalah mendorong keluar racun dari dalam tubuh, sehingga dari Departemen Kesehatan merekomendasikan untuk pH air yang dikonsumsi adalah berkisar antara 6,5 – 8,5, Jika kita minum air dengan pH di bawah 6,5 itu adalah air yang sifatnya asam, dan hal itu adalah sangat kurang baik bagi tubuh kita.
Beberapa gajala yang biasanya terjadi jika darah kita bersifat Asam :
– Gangguan pencernaan
– Rendahnya Energy – Mudah capai
– Sakit serta rasa sakit pada sendi,
– dan lain-lain.
Dan bukan hanya manusia yang merasakan dampak dari tercemarnya air, Salah satunya tumbuhan juga merasakan akibat pencemaran air bagi kelangsungan hidupnya karena suhu air menjadi tidak sesuai ataupun rendahnya kadar oksigen. Maka dari itu berhati-hatilah dalam menggunakan air, karena ada air yang sudah tercemar. Jagalah habitat air di lingkungan rumah dan sekitar agar tetap bersih, minimal mulai dari diri sendiri untuk tidak membuang sampah ke dalam saluran drainase Buanglah sampah pada tempat yang tepat

 SUMBER                                             



Tidak ada komentar:

Posting Komentar